Senin, 07 Februari 2011

skema PONZI!!!!

habis pelajarn SIA niat nanyain sistem informasi ama dosen eeh tiba2 diajak diskusi tentang skema ponzii,,,,


Skema Ponzi sudah berlangsung dari abad ke 19. Charles Ponzi adalah seorang penipu ulung. Pada awal kariernya dia menemukan sebuah skema dimana dia bisa mendapatkan uang banyak dengan menjual postal reply coupons (PRC). PRC merupakan benda mirip perangko sebagai penganti biaya airmail. Dia menemukan bahwa terdapat perbedaan yang sangat jauh antar harga PRC satu negara dengan negara lainnya. Melihat peluang tersebut Ponzi mendapat ide untuk membangun usaha dimana ia menjanjikan membayar bunga 50% pada 45 hari dan 100% pada 90 hari. Sebuah keuntungan yang spektakuler dimana investor terbesar sepanjang masa (Buffet) hanya biasa mendapatkan 25% dalam setahun.

Kepalsuan skema ini terungkap takala jumlah uang yang ditampung oleh Ponzi tidak sesuai dengan jumla PRC yang beredar. Dikatakan bahwa PRC sendiri tidak dapat dibeli dalam jumlah banyak. Skema ini terus berjalan dengan mulus dan Ponzi membayar para investornya dengan uang baru (baru masuk investasi). Selama para investor tidak menarik uangnya secara besar – besaran maka skema ponzi ini akan terus berjalan. Tentu saja dengan hutang yang terus menumpuk.


niyh

Contoh matriks:

Peserta dijanjikan untuk mendapatkan produk senilai Rp10.000,00 hanya dengan membeli produk lain senilai Rp2.500,00 setelah terdapat lima orang pembeli produk lain tersebut. Setelah mencapai pembeli ke-5 produk lain, produk yang dijanjikan akan dikirim ke pembeli produk pertama. Pembeli ke-2 akan mendapat produk yang dijanjikan setelah terdapat lima orang pembeli lainnya dan seterusnya.





karena menurutku inii penting bangeetttt,,,niyh aku dapet beberapa cirinya!!!!

harus diwaspadai,,,,,

Dengan cara yang sederhana, potensi skema ponzi dalam sebuah jaringan dapat di deteksi apabila :

* Terdapat sebuah jaringan yang menjanjikan keuntungan TANPA merekrut member baru; atau
* Terdapat sebuah jaringan yang menjanjikan keuntungan dengan merekrut member baru namun TANPA menjual produk; atau
* Terdapat sebuah jaringan yang menjanjikan keuntungan dengan merekrut member baru dan menjual produk namun keuntungan dari penjualan produk relatif kecil.

sumber dari google

Tidak ada komentar: